_..~* Maktabah Ilmiah * ~.._: Menjadi Murrabiyah Sukses : Panduan Mentarbiyah Akhwat

_..~* Maktabah Ilmiah * ~.._

BismilLAH..buku-buku yang ingin sekali saya bacai, alangkah indah apabila bisa saya ketemui lantas miliki...walLAHU Musta'an.

Saturday, September 02, 2006

Menjadi Murrabiyah Sukses : Panduan Mentarbiyah Akhwat

.


Penulis : Cahyadi Takariawan dan Ida Nur Laila
Cetakan : I, Januari 2005
Jumlah Halaman : 224
Penerbit : Era Intermedia
Harga : Rp 25.000
ISBN : 979-3316-58-6


Tarbiyah Islamiyah pada dasarnya melibatkan tiga unsur dalam waktu bersamaan, yakni teori, seni, dan sekaligus pengalaman. Dari sisi teori, sudah begitu banyak buku yang membicarakan tentang tarbiyah islamiyah, bahkan sangat lengkap dan detail, sebagaimana buku-buku karya Ustadz Dr. Ali Abdul Halim Mahmud. Akan tetapi, mentarbiyah bukanlah sekadar teori, di sana ada aspek seni dan juga pengalaman, yang memerlukan sentuhan khusus.

Dalam kaitannya dengan sisi-sisi seni mentarbiyah, akan banyak ragam yang menunjukkan karakteristik waktu dan tempat. Demikian pula dalam ranah pengalaman praktis di lapangan, sangat banyak ragam dan coraknya. Sayang sekali, pengalaman para murabbi dan murabbiyah dalam melakukan tugas tarbiyah belum banyak didialogkan dan ditulis.

Oleh karena itu, penulis buku ini ingin mengisi kekosongan tersebut dengan berpijak pada pengalamannya berkecimpung dalam dunia tarbiyah selama rentang waktu kurang lebih tujuh belas tahun, baik sebagai mutarabbi maupun murabbi. Lewat buku ini pula, penulis ingin mengabadikan pengalaman para murabbi dan murabbiyah dalam mentarbiyah ikhwan dan akhawat binaannya, agar pengalaman-pengalaman berharga itu jangan sampai hanya menjadi khazanah pribadi yang tidak memberikan kontribusi bagi para aktivis tarbiyah lainnya.

Buku ini juga mengupas lebih detail tentang seluk-beluk dunia tarbiyah; prinsip-prinsip dasarnya, orientasinya, urgensinya bagi akhawat Muslimah, bagaimana proses awalnya, serta beragam kiat dan apa saja yang perlu dan harus dilakukan oleh para dan calon murabbiyah agar bisa memetik kesuksesan amal tarbiyah.

Dituangkan dengan bahasa yang ringan dan lincah, buku ini mengajak Anda menikmati kesyahhaduan dunia tarbiyah. Selamat membaca!

Daftar Isi

Sesi Pertama: Memasuki makna Tarbiyah--------11
Makna Tarbiyah Islamiyah---112
.....................

Sesi Kedua: Mengapa Akhawat Muslimah Perlu Tarbiyah?---------51
Memasuki Goa Tarbiyah---51
.....................

Sesi Ketiga: Bagaimana Memulai Tarbiyah?-----------91
Pada Awalnya adalah Rasa Ketertarikan----91
.....................

Sesi Keempat: Menjadi Murabbiyah, Bisakah Ideal?--------------125
Apakah Sulit Menjadi Murabbiyah?---127
.....................

Sesi Kelima: Perlengkapan dan Forum Tarbiyah-----------165
Perlengkapan Bagi Murabbiyah---166
.....................

Sesi Penutup------------193



Info Selanjutnya Hubungi:

Penerbit: Era Intermedia
Telepon: Telp.(0271)726283 Faks.(0271)731366


Sumber: http://ekuator.com/katalog.see.p?id=6084

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Powered by ClockBot.com }